Cara Melakukan Kunjungan Ke Panti Asuhan untuk Tugas Kuliah Pengabdian Kepada Masyarakat

Tugas Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan salah satu kegiatan wajib bagi anda yang sedang duduk di bangku perguruan tinggi atau kuliah. Biasanya beberapa mata kuliah yang diajarkan sesuai jurusan yang anda pilih mewajibkan anda untuk membuat kelompok dan melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai tindakan nyata pengaplikasian ilmu yang telah anda pelajari di bangku kuliah.

Cara Melakukan Kunjungan ke Panti Asuhan
Cara Melakukan Kunjungan Ke Panti Asuhan www.BloggerPrice.com

Pengabdian Kepada Masyarakat bisa berbentuk acara berupa seminar, workshop, penyuluhan, motivasi, games dan donasi. Ada banyak tempat yang biasa digunakan untuk melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat. Salah satu tempat yang paling kami rekomendasikan adalah Panti Asuhan. 

Rencananya kami yang terdiri dari 5 orang dalam 1 Tim akan mengunjungi Panti Asuhan Yatim Piatu Al Hasanat. Panti Asuhan yang berada di bawah naungan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di kawasan Jakarta Selatan tepatnya di JL. Pancoran Barat VII, ini kami pilih karena sangat sesuai dengan materi yang akan kami sampaikan dalam kunjungan yang akan kami lakukan.

Sebelumnya ada beberapa Panti Asuhan yang sudah kami hubungi, namun ternyata karena kondisi masih dalam waspada pandemi, jadi mereka masih membatasi untuk mengadakan kegiatan yang memerlukan adanya perkumpulan orang dalam jumlah lumayan banyak. Dan hanya memperbolehkan kegiatan dalam bentuk daring / online. Sementara kami ditugaskan oleh pihak kampus untuk melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat secara tatap muka langsung. 

Setelah mencari ulang, akhirnya kami memutuskan untuk melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di Panti Asuhan Al Hasanat yang setelah kami hubungi ternyata memperbolehkan kami untuk melakukan workshop di sana. 

Cara Melakukan  Pengabdian Kepada Masyarakat di Panti Asuhan

Untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat di Panti asuhan, anda harus melakukan hal berikut ini:

1. Tentukan panti asuhan  mana yang akan kamu kunjungi, pastikan alamatnya mudah dijangkau dan memiliki informasi kontak person yang lengkap.


2. Hubungi langsung nomor panti asuhan yang akan kamu tuju, konfirmasikan kepada pihak panti asuhan bahwa kamu beserta tim (sebutkan jumlahnya) berencana akan melakukan kunjungan ke panti asuhan dengan agenda tersebut dalam susunan acara. (sebutkan detail urutan acaranya).


3. Tanya kesediaan pihak panti asuhan yang kita tuju karena tidak semua panti asuhan memiliki waktu yang bebas untuk bisa kapan saja dikunjungi.


4. Pastikan jumlah peserta (anak-anak panti asuhan) yang nantinya akan menjadi penonton workshop kita, dan tanyakan pula kisaran usianya supaya nanti materi yang akan kita sampaikan kepada mereka bisa disesuaikan. 


5. Tanyakan kepada pengurus panti durasi maksimal workshop yang diperbolehkan supaya tidak terjadi over durasi.


6. Atur sedemikian rupa semua perlengkapan yang akan anda dan tim bawa ke panti asuhan tersebut. 


7. Koordinasikan dengan pihak kampus untuk mendapatkan surat pengantar (bisa minta ke dosen mata kuliah bersangkutan).6


8. Cetak spanduk yang berisi tulisan "Pengabdian Kepada Masyarakat" berukuran lumayan besar sebagai formalitas ketika kita datang ke panti asuhan tersebut.

Nah untuk saat ini sampai tahap ini dulu saja yak. Nanti kami akan mengupdate kembali bagaimana suasana di lokasi seminar dan juga bagaimana cara menyusun laporan hasil Pengabdian Kepada Masyarakat ini. Terima kasih.

Baca Juga:

Comments

Popular posts from this blog

Leonel Messi Profile and His Achievements in The World of Football

Pengalaman Beli Rumah Pertama Kali (Part 3) - Akhirnya Sukses Melakukan Akad KPR Syariah dan Akad Jual Beli Rumah dengan Sangat Lancar

Cristiano Ronaldo Profile, His Mansions and His Luxury Cars