Untung Rugi Investasi Saham Berdasarkan Pengalaman Pribadi

Saham bagi sebagian orang terdengar sangat klise. Terdengar seolah-olah setiap orang yang bergelut dalam investasi saham merasa dirinya sok keren. Padahal nyatanya tidak seperti itu. Investasi saham hampir sama berat risikonya dengan membuka usaha seperti berdagang. Hanya saja anda tidak perlu keluar keringat sedikitpun untuk mengusahakan dapat untung dari Saham.

Berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri. Saya benar-benar merasa bersyukur bahwa beberapa tahun lalu ada kemauan untuk terjun ke dunia investasi saham. Dengan modal nekat, coba-coba tanpa ada pengetahuan yang luas mengenai investasi saham, saya memberanikan diri untuk berinvestasi saham. Kabar baiknya adalah detik ini yakni tanggal 09 Oktober 2022, salah satu saham saya ada yang naik hingga 400% dari harga awal ketika saya membeli saham tersebut. Karena kinerja sahamnya yang sangat gemilang tersebut, saya juga kecipratan kucuran bagi hasil berupa dividen (biasanya dibayarkan setahun sekali) dari saham tersebut.

Perjalanan awal saya untuk memberanikan diri terjun ke dunia saham adalah ketika saya mendapat informasi bahwa banyak orang-orang kaya yang masuk ke dalam daftar 100 orang terkaya dunia adalah para investor saham. Dari situ, saya mulai coba mengali informasi tentang bagaimana untuk mulai bisa berinvestasi saham juga seperti mereka.

Hal pertama yang saya lakukan adalah membuka akun di salah satu pialang saham yang sudah banyak direkomendasikan oleh para investor. Setelah sempat mencar-cari informasi akhirnya saya memutuskan untuk membuka akun investor di Mirae Asset Sekuritas. Ketika saya daftar untuk pertama kali, saya wajib menyetorkan uang pembukaan rekening sebesar Rp10 Juta (kala itu), mungkin sekarang sudah berubah bisa jadi lebih rendah ataupun lebih tinggi silahkan cek informasinya langsung yak. Setelah itu saya otomatis memiliki Rekening Dana Investor dengan menunjuk Bank CIMB Niaga (jadi Mirae Asset Sekuritas berekanan dengan Bank CIMB Niaga). 

Nah, semua dana yang berkaitan dengan investasi saham, nantinya akan keluar masuk ke Rekening Dana Investor tersebut. Sedangkan pihak Mirae Asset Sekuritas adalah pihak yang menyediakan fasilitas super lengkap untuk saya melakukan investasi saham ataupun trading saham seperti beli saham, jual saham, melihat portofolio saham (daftar saham-saham yang telah dibeli) dll. Pihak Mirae Asset Sekuritas memiliki suatu aplikasi super lengkap bernama Hots dimana di dalam aplikasi itu sudah tersedia semua fasilitas yang dibutuhkan oleh para investor. 

Pada tahun pertama investasi saham, saya mengalami kerugian yang sangat besar. Hal tersebut disebabkan karena mental saya belum siap. Saya masih merasa panik ketika saham yang telah saya beli di pagi hari tiba-tiba harganya anjlok ketika menjelang siang sehingga tanpa pikir panjang lagi saya memutuskan untuk menjual rugi saham tersebut karena khawatir harga sahamnya akan turun jauh. Begitu terus berulang-ulang setiap hari. Ya,, aktivitas yang saya lakukan tersebut adalah Trading saham (jual beli saham dalam waktu yang sangat singkat), bukan investasi saham. 

Portofolio Saham dari Aplikasi Hots www.BloggerPrice.com


Karena kerugian saya semakin membengkak akibat trading saham yang ternyata tidak cocok bagi saya, akhirnya saya memutuskan menghabiskan sisa uang dingin saya untuk membeli salah satu saham. Semenjak itu saya tidak pernah lagi membuka aplikasi Hosts dan saya tidak mau cari tahu tentang perkembangan saham saya tersebut sampai bertahun-tahun lamanya. Hingga akhirnya saya dikejutkan dengan kenyataan bahwa salah satu saham yang pernah saya beli mengalami kenaikan yang sangat tinggi. Wow Luar Biasa bukan. Syukur alhamdulilah. Jadi bagi kalian yang masih ragu untuk berinvestasi saham, jangan ragu lagi sekarang. Untung rugi itu adalah hal yang biasa tidak hanya di saham di semua bisnis juga pasti ada. Oleh karena itu tunggu apalagi. Mari kita mulai barinvestasi saham dari mulai sekarang.

Baca Juga:

 

Comments

Popular posts from this blog

Leonel Messi Profile and His Achievements in The World of Football

Pengalaman Beli Rumah Pertama Kali (Part 3) - Akhirnya Sukses Melakukan Akad KPR Syariah dan Akad Jual Beli Rumah dengan Sangat Lancar

Cristiano Ronaldo Profile, His Mansions and His Luxury Cars